Merk: Honda
Model: Stream 1.7
Transmisi: Manual
Tahun Pembuatan: 2005
Harga Baru (pada saat punya/tes): +/- 230 juta
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): +/- 165 jutaan
Spesifikasi Kendaraan:
1671 cc 7-seater FWD 4-silinder ABS kompresi: 9,8:1 i-Vtec Immobilizer EBD 153 BHP
Max power: 125.00 PS (92 kW or 123 HP)
Max torque: 154.00 Nm (15.7 kgf-m or 113.6 ft.lbs)
Ulasan:
Mobil Honda Stream mulai dipasarkan di Indonesia sekitar tahun 2001 hingga 2005, Stream tahun 2005 memiliki desain lampu depan yang cukup unik, dan lebih terlihat sporty. Honda Stream tahun 2005 memiliki 2 transmisi otomatis 5 speed sedangkan untuk manualnya 6 speed dengan isi silinder 1.7 serta 2.0.
Mobil ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu gear shift yang lembut. Baik itu dari 1 ke-2 atau sebaliknya. Sehingga sangat bagus saat perpindahan gigi. Untuk masalah keamanan mobil ini sudah memiliki fitur Immobilizer, sedangkan untuk rem sudah menerapkan ABS ( Anti-Lock Brake System) serta EBD
Model: Stream 1.7
Transmisi: Manual
Tahun Pembuatan: 2005
Harga Baru (pada saat punya/tes): +/- 230 juta
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): +/- 165 jutaan
Spesifikasi Kendaraan:
1671 cc 7-seater FWD 4-silinder ABS kompresi: 9,8:1 i-Vtec Immobilizer EBD 153 BHP
Max power: 125.00 PS (92 kW or 123 HP)
Max torque: 154.00 Nm (15.7 kgf-m or 113.6 ft.lbs)
Ulasan:
Mobil Honda Stream mulai dipasarkan di Indonesia sekitar tahun 2001 hingga 2005, Stream tahun 2005 memiliki desain lampu depan yang cukup unik, dan lebih terlihat sporty. Honda Stream tahun 2005 memiliki 2 transmisi otomatis 5 speed sedangkan untuk manualnya 6 speed dengan isi silinder 1.7 serta 2.0.
Mobil ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu gear shift yang lembut. Baik itu dari 1 ke-2 atau sebaliknya. Sehingga sangat bagus saat perpindahan gigi. Untuk masalah keamanan mobil ini sudah memiliki fitur Immobilizer, sedangkan untuk rem sudah menerapkan ABS ( Anti-Lock Brake System) serta EBD
Sudah dilengkapi dengan fitur keamanan Immobilizer, serta sistem pengereman sudah menerapkan ABS(anti-Lock Brake System) serta EBD.
Untuk masalah bahan bakar mobil yang satu ini tergolong cukup irit yaitu 1:9 untuk ukuran dalam kota dan 1:11 untuk luar kota. FC ini tergantung gaya sang pengemudi, paling hemat FC Honda Stream kurang lebih 1:12 sedangkan paling boros hingga 1:7.
Dengan tingkat kompresi +/- 9,8-10:1 sebaiknya Mobil Honda Stream diisikan Pertamax, walaupun dengan bahan bakar Premium bukan merupakan sebuah masalah, jadi tergantung pemiliknya.
Untuk masalah kapasitas sebaiknya cukup diisi 6 orang karena untuk bangku belakang memiliki kapasitas yang kecil. Jadi jika diisikan dengan 3 penumpang dewasa, akan merasa kurang nyaman.
Memang mobil Honda yang satu ini memancarkan Aura sporty yang berbeda. Dengan diameter velg sebesar +/- 17 inchi membuat mobil ini menjadi yang terbaik untuk masalah tampilan MPV.
MPV yang cukup tangguh, dengan akselerasi yang cukup baik, serta handling yang cukup sempuran Honda Stream sangat nyaman dikendarai. Kesan ergonomis dengan posisi duduk yang nyaman serta Gear Shift Knob yang mudah dijangkau(model menempel pada Dashboard). Model Gear Shift Knob yang menempel pada Dashboard, membuat leluasa saat menaruh barang didashboard tersebut.
Positif:
- Interior nuansa eropa
- Desain eksterior yang impresif
- Akselerasi yang baik
- Perpindahan gigi yang lembut
- FC yang tergolong irit
- Sporty look
- Resale value
- Handling cukup sempurna
- Kabin depan yang ergonomis
- Peredaman kabin kurang baik
- Body roll + 80 kpj
- Single blower AC
- Hidung mobil depan tidak terlihat
- FWD (kurang cocok di Indonesia)
- Leg room jok baris ketiga terasa sempit
- harga second yang tergolong mahal(seharga mobil baru Nissan GL)
Ringkasan:
Kesan sporty terpancar jelas dari mobil MPV ini, dengan desain interior khas eropa yang menggunakan kulit jok yang berkualitas.
Fuel consumption yang irit 1:9 dalam kota, 1:11-12 luar kota.
Peredaman mesin kurang sempurna, suara mesin masih terdengar jelas ke dalam kabin.
Masalah pada kaki2 depan Stream sering muncul karena Stream berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive), lebih tidak tahan akan goncangan/massa yang berlebihan.
Leg room yang sempit pada jok baris terakhir, untuk ukuran orang dewasa +/- 170 cm, menjadi kelemahan Honda Stream. Sedangkan untuk masalah harga, bekasnya masih terlalu mahal, masih seharga Nissan GL baru.
Pendapat ReviewMobils (subjective):
Merupakan small MPV yang cukup baik pada kelasnya. Honda Stream hadir dengan kesan MPV bernuansa sporty dan elegan dengan didukung interior yang memiliki kualitas yang cukup baik, menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang,walaupun beberapa orang juga berkata lain . Tapi, bagi mereka yang mencari mobil yang memiliki teknologi yang mumpuni di tahun 2005, Stream merupakan pilihan yang tepat, dengan dukungan i-Vtec sehingga efektifitas konsumsi bahan bakar dapat maksimal, serta sudah menggunakan sistem pengereman ABS(anti-lock Brake System) menjadikan kenyaman dalam berkendaraan meskipun dipacu cepat.
Untuk sektor Interior sepertinya tidak perlu ada perombakan, hanya saran dari ReviewMobils diberikan sistem audio tambahan, agar lebih terasa sportynya. Walaupun sebenarnya standard pabrik mobil ini memiliki kualitas audio yang cukup menjanjikan.
Untuk mempercantik eksterior, dapat dengan menambahkan bodykit keluaran mugen(tuner asli honda) agar semakin menambah kentalnya nuansa sporty, dengan Velg 18" sudah cukup menambah kesan sporty Mobil Honda Stream anda. Anda juga dapat menambahkan peredam mesin, seperti yang sudah bahas bahwa itulah kekurangannya sehingga suara mesin tidak masuk ke kabin, hal ini dapat menambah kenyamanan anda saat berkendara.
EmoticonEmoticon