Review Mobil Ferrari F50


Merk: Ferrari
Model: F50 (4.7L V12)
Transmisi: Manual 6 percepatan
Tahun Pembuatan: 1995-1997
Harga Baru: (unknown)
Harga Second: (unknown)

Spesifikasi Kendaraan:
General : N/A Mid-engine, RWD, hardtop convertible, M/T 6-Speed + reverse, limited slip differential.

Engine : 4.7L V12 N/A, 513 hp @ 8000 rpm, 470 N-m @ 6500 rpm.

Suspension :
- Front: F1-derived, rose-jointed unequal-length wishbones, push-rods, coil springs, Bilstein gas-pressurised monotube dampers, electronic adaptive damping, electronic height adjustment (40 mm max).
- Rear: F1-derived, rose-jointed unequal-length wishbones, push-rods, coil springs, Bilstein gas-pressurised monotube dampers, electronic adaptive damping, mounting points on a spacer between the engine and gearbox.

Wheels/Tires/Brakes :
- Front : 18 in. x 8 in., 245/35/18 (Z), Brembo ventilated cast iron disc, 4 piston aluminium calipers.
- Rear : 18 in. x 13 in., 335/30/18 (Z), Brembo ventilated cast iron disc, 4 piston aluminium calipers.

Performance :
- Top Speed : 312 km/h
- 0-60 mph : 3.7s


Ulasan:
Mobil Ferrari untuk tipe F50 merupakan salah satu model yang sangat jarang ditemukan di Indonesia, dibandingkan dengan 550 Maranello atau 360 Modena yang tidak terlalu jauh umurnya, F50 paling sedikit dimiliki di Indonesia. Berdasarkan data dari wikipedia, hanya 349 mobil yang diproduksi yang tersebar ke seluruh dunia selama 2 tahun masa produksi mobil ini.
Kebetulan tim ReviewMobils memiliki rekan yang memiliki mobil ini dan diperbolehkan untuk melakukan tes drive sekitar Jagorawi, maka salah satu tim kami mencobanya.

Berbekal mesin N/A 4.7L V12, suara mesin sangat enak halus, mungkin jika kalian pecinta mobil paham suara "merdu"nya V12 Ferarri. Ferari tipe F50 merupakan penerus dari tipe F40, yang memiliki junior tipe Enzo. F50 lebih berat dibanding tipe F40, walaupun hal tersebut diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan tenaga mesin yang diperoleh saat ini.

Dari 2.936 cc V8 471 hp (F40), meningkat menjadi 4.698 cc V12 513 hp. Dan transmisi manualnya dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbaik di zamannya. Begitu melakukan tarikan, 200 km/h bukan hal yang sulit untuk ferrari F50, serta didukung oleh handlingnya yang cukup stabil pada kecepatan tersebut.

Top speed yang diraih saat tes mencapai kurang lebih sekitar 280 km/h namun menurut pengakuan sang pengemudi hal tersebut bisa lebih jika saja memiliki keberaniaan yang cukup, seperti yang diklaim oleh pihak Ferrari bahwa kecepatan bisa lebih hingga 300 km/h.
Dan untuk masalah handling juga pengemudi masih belum bisa melakukan tes secara maksimal karena dengan melakukan handling yang sedikit "waw" cukup beresiko dengan harga mobil yang kebetulan pinjaman tersebut.

Bagi anda yang memiliki mobil ini tidak perlu menunjukkan kecepatan mobil ini, tapi cukup dengan membuka hardtop dan memainkan gasnya, hal ini sudah cukup menjadi sorotan banyak orang dijalan.

Eksklusivitas mobil juga jadi nilai lebih untuk tipe F50 ini, 349 unit mobil yang terproduksi, dengan didominasi warna merah khas Ferrari (302 unit, tersebar seluruh dunia) semakin memudahkan anda untuk menjadi tontonan publik dijalanan.

Positif:
- Mesin sangat responsif (N/A Engine)
- Handling bagus
- Model stylish
- Eksklusivitas, berhubung sedikit yang tersebar di Indonesia

Negatif:
- Posisi mengemudi kurang leluasa buat tinggi diatas rata-rata (semua sport car begitu sih )
- Ground clearance kecil
- Bantingan keras (efek dari handling)
- Biaya perawatan & pemakaian tinggi

Ringkasan:
Salah satu tipe terbaik yang pernah dimiliki Ferrari, sangat disayangkan umur produksinya yang cukup singkat. Tenaga & menambah performa dari mobil ini sangat besar, namun hal tersebut membutuhkan biaya perawatan dan pemakaian yang cukup besar, 8/11 mpg merupakan data umum yang dipublikasikan oleh Ferrari untuk pemakaian normal mobil ini.

Pendapat pribadi (subjective):
Posisi mengemudi yang kurang leluasa untuk tim ReviewMobils sedikit jadi nilai minus, walaupun itu semua tertutup oleh performa mobil ini. Nilai pamor juga diatas rata-rata dibanding Ferrari lainnya (selain tipe Enzo).


EmoticonEmoticon