Mobil Listrik Nasional Ahmadi: Mobil Nasional Masa Depan

Maraknya mobil listrik yang akan segera dikeluarkan di Indonesia tentu akan menjadi kabar baik bagi anda para pecinta otomotif. Kabar peluncuran ini masih simpang siur, ada yang mengabarkan tahun 2015 ada juga yang memberitakan peluncuran mobil listrik nasional akan diluncurkan tahun 2018. Ada beberapa type dan jenis mobil listrik nasional yang telah beberapa kali dipamerkan, salah satunya adalah mobil listrik nasional Ahmadi.
Review Mobil Listrik Nasional Ahmadi
Ir. Dasep Ahmadi, laki-laki berumur 46 tahun ini adalah penggagas atau perancang mobil listrik nasional dengan merk ahmadi. Pria kepercayaan Menneg BUMN Dahlan Iskan itu mengaku bahwa mobil yang sedang dia gagas ini bukan kerja keras dia semata, tapi menurutnya, terdapat sekitar 300 pihak yang ikut serta dalam pembuatan mobil bermerk ahmadi ini. Para pemasok, perusahaan manufaktur, dan SDM PT Sarimas Ahmadi Persada juga terlibat dalam pembuatan mobil listrik ini.
Review Mobil Listrik Nasional Ahmadi
Masih menurut penuturan insinyur lulusan ITB jurusan Teknik Mesin ini bahwa mobil yang dibuat akan diproduksi pada tahun 2013 ini secara masal. Jumlah yang akan diproduksi sekitar 1000 hingga 2000 unit dengan kisaran harga 200 juta per unit. Tapi dia berharap bahwa harga yang nantinya keluar masih bisa lebih rendah dari itu. Ahmadi mulai tertarik merancang mobil pada tahun 2000-an awal. Ada berbagai type yang telah dia buat, seperti gokar dengan mesin yang sederhana. Tapi pada saat itu timbul rasa takut gagal dan jika mobil yang diproduksi itu akan menjadi barang rongsokan yang tidak bermanfaat. Pada waktu itu pemilik PT Sarimas Ahmadi Patama itu berpikir kalau mobil listrik akan menjadi tren masa yang akan datang, karena mobil listrik lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan.
Review Mobil Listrik Nasional Ahmadi
Saat ini Pemilik nama lengkap Dasep Ahmadi sedang menyiapkan prototipe mobil listrik dengan format city car yang mempunyai 3 pilihan warna, yaitu hitam, hijau dan putih. Tipe pertama yang dia tawarkan adalah Gran, untuk masyarakat kelas menengah dan Lux yang memiliki harga relatif lebih mudah dijangkau. Akan tetapi prototipe diatas dalam proses uji coba dan perbaikan.

Mobil listrik nasional buatan Ahmadi ini mempunyai beberapa keunggulan seperti tidak menimbulkan polusi udara atau efek rumah kaca karena tidak mengeluarkan emisi gas buang. Getaran yang ditimbulkan pun relatif sangat kecil dibanding mobil berbahan bakar bensin. Selain itu mobil listrik milik Ahmadi tidak mengeluarkan suara bising dan akselerasi lebih tinggi karena tidak perlu ganti gigi maupun kopling. Ketika menanjak dan menikung, mobil tersebut lebih cepat menyalip dan mampu menembus dengan kecepatan 120 km/jam. Karena tidak banyak komponen yang menyebabkan kebakaran, mobil ini sangat aman dan mudah dalam perawatannya.


EmoticonEmoticon